Resume Seminar I
Tugas matakuliah softskill kali ini saya akan membuat
rangkuman seminar yang mana saya telah ikuti pada Selasa 19 April 2016 dengan
tema “Rise Your Technopreneur Dream’s”. Seminar ini secara umum membicarakan
mengenai Pemasaran Online dan membahas starup lebih mendalam lagi.
RISE YOUR TECHNOPRENEUR DREAM’S
Pengertian pemasaran online dengan kata yang cukup mudah,
adalah strategi atau metode untuk mengenalkan konsumen/publik dengan
brand/produk/jasa sebuah perusahaan/bisnis. Pemasaran online atau disebut juga
sebagai internet marketing atau sebagian orang menyebutnya iklan online. Dalam
hal ini medium yang kita pakai adalah internet. Hal yang paling sederhana yang
harus diingat adalah, bagaimana berinovasi terus menerus agar produk/jasa anda
dapat lebih mudah ditemukan di internet.
Pemasaran online yang baik tentunya akan membuat bisnis anda
dapat diakses oleh konsumen yang tepat. Menurut penelitian terakhir, sebelum
mengambil keputusan membeli, konsumen selalu menyempatkan browsing informasi di
Internet, entah hanya membandingkan harga maupun mau tahu spesifikasinya.Jadi
pilihlah Jasa SEO yang tepat mulai sekarang.
Pembicara pertama yaitu Jonathan Christian Susanto, membahas
bagaimana kita sebagai
mahasiswa menjadi seorang technopreneur untuk membuat starup
yang baik. Pada awal penyampaian materi oleh Bpk. Jonathan ia menjelaskan apa
itu digital, dan menyampaikan bahwa “ada kesempatan yang sangat besar untuk
mahasiswa jurusan IT untuk bisa menjadi raja baru (dalam hal starup), tidak
hanya di Indonesia tetapi Di Dunia”.
Pada data bulan Januari 2016 Indonesia tercatat dengan
penduduk sekitar 2,6 juta jiwa, dan yang baru terhubung ke internet sekitar 88
juta jiwa, dari data tersebut berarti baru 1/3 penduduk Indonesia yang
terhubung online. Dengan pertumbuhan internet sebesar 15% per tahunnya.
Pembicara kedua Bpk. Tommy Herdiansyah menjelaskan tentang
star up yang berkembang saat ini, contohnya Code Margonda. Code Margonda adalah
sebuah wadah untuk mahasiswa atau pekerja untuk bekerja, dan untuk mahasiswa
mengadakan event dengan kuota 40 orang.
Menurut data yab tersedia usia Pengguna Internet di
Indonesia 49% berada di usia 18-25 tahun,33,8% usia 26-35 tahun, 14,6% 36-45
tahun, 2,4% usia 46-55 tahun, 0,2% 55-65 tahun. Dan sebagianbesar pengguna
internet adalah pelajar.Rata-rata pengguna internet menggunakan mobile,
sehingga sekarang ini banyak bermunculan mobile Apps. Banyak star Up baru
yangbermunculan di Indonesia contohnya Jojonomic.Com.Jojonomic.Com adalah star
Up yang berbisnis industri, tugasnya untuk membantu perusahaan mencatat dan
mengelola arus keuangan.
Dengan data tersebut terbukti bahwa marketing di Indonesia
sangat besar, karena dalam beberapa tahun lagi dengan pertumbuhan pengguna
internet yang bertambah 15% per tahunnya dan baru 1/3 penduduk yang menggunakan
internet maka seberapa banyak di tahun- tahun berikutnya yang menggunakan
internet. Hal tersebut menyebabkan banyaknya perusahaan asing yang ingin
berinfestasi di Indonesia, dengan mendirikan beberapa perusahaan star up di
Indonesia.
Kegiatan pemasaran Internet umumnya meliputi atau berkisar
pada hal-hal yang berhubungan dengan pembuatan produk periklanan, pencarian
prospek atau pencarian pembeli dan penulisan kalimat-kalimat pemasaran untuk
menjual produk atau jasa. Pemasaran Internet ini secara umum meliputi kegiatan
jasa digital, produk digital, dan periklanan dengan menggunakan spanduk
digital. Periklanan dengan menggunakan spanduk digital seperti promosi melalui:
- Kemudahan manajemen dan organisasi
Menjalankan organisasi dalam bisnis sangat penting agar
menghasilkan tingkat efisiensi dan produktifitas perusahaan. Namun dalam bisnis
online, kemudahan menjalankan bisnis terlihat jelas. Misalnya pada bisnis
online anda hanya perlu membuat sebuah katalog produk yang menawarkan barang
kepada pelanggan secara online serta kemudahan menyusun komunikasi pemasaran
yang efektif.
- Kemudahan pengelolaan kontrol persediaan
Apabila anda menjual barang secara online anda bisa
memanfaatkan supplier pertama untuk menampung barang anda sebelum adanya
pesanan, sehingga anda tidak perlu melakukan memindah-mindahkan barang setiap
saat.
- Kemudahan pengelolaan Sumber Daya Manusia
Saat menjalankan pemasaran secara online, anda tidak perlu
menggunakan banyak karyawan karena sistem yang digunakan berbeda. Karyawan anda
hanya melakukan administrasi penjualan hingga menyiapkan proses pengiriman
barang, dan melayani saat ada pelanggan yang mengalami kesulitan dalam
pemesanan barang.
Afiliasi
Kegiatan pemasaran Internet yang efektif meliputi banyak
strategi dari optimisasi mesin pencari, jejaring sosial, dan iklan berbayar per
klik. Dengan beragamnya strategi tersebut maka pembelajaran yang berkelanjutan
untuk hal ini sangat penting. Pemasaran online muncul sebagai salah satu cara
yang paling menguntungkan dan juga kreatif bagi pelaku bisnis baik usaha kecil
menengah hingga usaha skala besar untuk mempromosikan produk dan layanan mereka
ke khalayak ramai. Adanya internet marketing telah menjadi sebuah metode yang
paling efisien dalam layanan penjualan produk maupun jasa. Berikut ini beberapa
kelebihan dalam pemasaran online:
- Tanpa batas waktu
Melakukan pemasaran online sangat menguntungkan jika anda
memiliki produk yang pantas untuk dijual serta bisa dikirim melalui jasa
pengiriman. Anda tidak perlu khawatir untuk menentukan waktunya karena selama
24 jam dalam sehari dan 7 hari dalam seminggu pasar online ini akan terus buka.
Ketika anda melakukan promosi dan memasang iklan maka pasti akan terus terlihat
setiap saat.
- Tanpa batas tempat
Anda bisa menjalankan pemasaran online dimanapun, yang
terpenting adalah jika ada koneksi internet, perangkat komputer dan smartphone.
Anda tidak perlu lagi bertatap muka dengan pelanggan secara langsung,
korespondensi hanya melalui email dan internet anda bisa melakukan semua
kegiatan pemasaran dan transaksi penjualan dengan mudah.
- Efisiensi biaya operasional
Beriklan di situs online dan melalui penyedia iklan online
lebih murah jika dibandingkan dengan menggunakan iklan secara offline. Hal ini
jelas terlihat dari biaya yang kita butuhkan dan perlengkapan pendukung yang
bisa terjangkau dan relatif murah.
- Kemudahan dalam strategi pemasaran produk
Apabila anda memiliki produk dengan segmentasi pasar
tertentu pada pemasaran online jelas sangat memudahkan anda membidik target
market. Misalnya anda memiliki produk elektronik, maka manfaatkanlah forum
elektronik, group di media sosial seperti facebook, atau membuka sebuah toko
online untuk memasarkan produk anda.
- Memberikan keuntungan yang tidak terbatas
Keuntungan dari bisnis online bisa dikatakan tak terbatas
karena jumlah konsumen yang tidak terbatas pula. Jika anda menggunakan
pemasaran online besar kemungkinan untuk melebarkan sayap seluas mungkin dengan
meraih keuntungan yang semaksimal mungkin.
- Kemudahan Pengawasan
Untuk mengontrol dan melakukan pengawasan seluruh transaksi
toko online, Anda bisa melakukannya kapan pun dan dimanapun. Hal ini memberikan
kemudahan dan manfaat bagi penjual dan pembeli, serta pengusaha barang atau
jasa. Kemudahan manajemen ini hanya ada di pemasaran online saja.
- Produktifitas meningkat
Peningkatan produktifitas jelas terlihat karena jam
operasional pemasaran online tidak terbatas. Anda bisa memaksimalkan keuntungan
dan produktifitas karena semakin meningkatnya para pengguna internet, dimana
saat ini semua transaksi bisa dilakukan via smartphone.
- Memudahkan melakukan Riset Pemasaran
Teknologi webiste saat ini berkembang pesat, anda bisa
melacak pengunjung website dari mana mengakses toko online anda. Hal ini akan
membantu anda untuk melakukan analisa pasar dan bahkan memberikan promo pada
saat-saat tertentu. Selain itu ada juga pembicara dari PT Nusantara Compnet
Integrator yang menceritakan perjalanan perusahaanya yang berdiri sejak 17
tahun yang lalu tepatnya pada tahun 1997.
Kami juga bangga dengan tradisi kita baik-baik saja membesarkan dan menjaga tim teknik yang sangat baik. Kami adalah yang pertama perusahaan Indonesia yang pernah yang dicapai judul Gold Partner dari Cisco Systems dan Compnet saat ini di antara mitra Cisco 6 terbesar nasional.
Sebelumnya fokus sebagai Jaringan Integrator (mengintegrasikan infrastruktur jaringan), sejak tujuh tahun terakhir Compnet telah menambahkan pengembangan perangkat lunak dan jasa solusi untuk melengkapi line-of-layanan untuk menjadi Sistem penuh matang Integrator. Compnet sekarang menjadi perusahaan jasa yang membantu pelanggan dalam mengintegrasikan sistem TI yang lengkap untuk lembaga atau perusahaan mereka.
Sejalan dengan reposisi, pernyataan perusahaan kami telah berkembang menjadi “Bermanfaat dan Terpercaya” dari apa yang sebelumnya “Partner Kompeten dalam Jaringan”.
berikut kurang lebih materi maupun wawasan yang ia sampaikan pada seminar
“Rise Your Technopreneur Dream’s”
Pembicara :
- Tommy Herdiansyah (Co-Founder of Code Margonda)
- Jonathan Christian Susanto (ASEAN Preneurs Indonesia, Founder @InspiratorFreak, Mentor Young on Top Campus Ambassador, FRIENDS Campus Ambassador of Merry Riana)
- Pinta Ginting (PT Nusantara Compnet Integrator)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar