Kamis, 16 Juni 2016

Resume Seminar I

Resume Seminar I

Tugas matakuliah softskill kali ini saya akan membuat rangkuman seminar yang mana saya telah ikuti pada Selasa 19 April 2016 dengan tema “Rise Your Technopreneur Dream’s”. Seminar ini secara umum membicarakan mengenai Pemasaran Online dan membahas starup lebih mendalam lagi.

RISE YOUR TECHNOPRENEUR DREAM’S

Pengertian pemasaran online dengan kata yang cukup mudah, adalah strategi atau metode untuk mengenalkan konsumen/publik dengan brand/produk/jasa sebuah perusahaan/bisnis. Pemasaran online atau disebut juga sebagai internet marketing atau sebagian orang menyebutnya iklan online. Dalam hal ini medium yang kita pakai adalah internet. Hal yang paling sederhana yang harus diingat adalah, bagaimana berinovasi terus menerus agar produk/jasa anda dapat lebih mudah ditemukan di internet.
Pemasaran online yang baik tentunya akan membuat bisnis anda dapat diakses oleh konsumen yang tepat. Menurut penelitian terakhir, sebelum mengambil keputusan membeli, konsumen selalu menyempatkan browsing informasi di Internet, entah hanya membandingkan harga maupun mau tahu spesifikasinya.Jadi pilihlah Jasa SEO yang tepat mulai sekarang.
Pembicara pertama yaitu Jonathan Christian Susanto, membahas bagaimana kita sebagai
mahasiswa menjadi seorang technopreneur untuk membuat starup yang baik. Pada awal penyampaian materi oleh Bpk. Jonathan ia menjelaskan apa itu digital, dan menyampaikan bahwa “ada kesempatan yang sangat besar untuk mahasiswa jurusan IT untuk bisa menjadi raja baru (dalam hal starup), tidak hanya di Indonesia tetapi Di Dunia”.

Pada data bulan Januari 2016 Indonesia tercatat dengan penduduk sekitar 2,6 juta jiwa, dan yang baru terhubung ke internet sekitar 88 juta jiwa, dari data tersebut berarti baru 1/3 penduduk Indonesia yang terhubung online. Dengan pertumbuhan internet sebesar 15% per tahunnya.

Pembicara kedua Bpk. Tommy Herdiansyah menjelaskan tentang star up yang berkembang saat ini, contohnya Code Margonda. Code Margonda adalah sebuah wadah untuk mahasiswa atau pekerja untuk bekerja, dan untuk mahasiswa mengadakan event dengan kuota 40 orang.

Menurut data yab tersedia usia Pengguna Internet di Indonesia 49% berada di usia 18-25 tahun,33,8% usia 26-35 tahun, 14,6% 36-45 tahun, 2,4% usia 46-55 tahun, 0,2% 55-65 tahun. Dan sebagianbesar pengguna internet adalah pelajar.Rata-rata pengguna internet menggunakan mobile, sehingga sekarang ini banyak bermunculan mobile Apps. Banyak star Up baru yangbermunculan di Indonesia contohnya Jojonomic.Com.Jojonomic.Com adalah star Up yang berbisnis industri, tugasnya untuk membantu perusahaan mencatat dan mengelola arus keuangan.

Dengan data tersebut terbukti bahwa marketing di Indonesia sangat besar, karena dalam beberapa tahun lagi dengan pertumbuhan pengguna internet yang bertambah 15% per tahunnya dan baru 1/3 penduduk yang menggunakan internet maka seberapa banyak di tahun- tahun berikutnya yang menggunakan internet. Hal tersebut menyebabkan banyaknya perusahaan asing yang ingin berinfestasi di Indonesia, dengan mendirikan beberapa perusahaan star up di Indonesia.

Kegiatan pemasaran Internet umumnya meliputi atau berkisar pada hal-hal yang berhubungan dengan pembuatan produk periklanan, pencarian prospek atau pencarian pembeli dan penulisan kalimat-kalimat pemasaran untuk menjual produk atau jasa. Pemasaran Internet ini secara umum meliputi kegiatan jasa digital, produk digital, dan periklanan dengan menggunakan spanduk digital. Periklanan dengan menggunakan spanduk digital seperti promosi melalui:

  • Kemudahan manajemen dan organisasi


Menjalankan organisasi dalam bisnis sangat penting agar menghasilkan tingkat efisiensi dan produktifitas perusahaan. Namun dalam bisnis online, kemudahan menjalankan bisnis terlihat jelas. Misalnya pada bisnis online anda hanya perlu membuat sebuah katalog produk yang menawarkan barang kepada pelanggan secara online serta kemudahan menyusun komunikasi pemasaran yang efektif.

  • Kemudahan pengelolaan kontrol persediaan


Apabila anda menjual barang secara online anda bisa memanfaatkan supplier pertama untuk menampung barang anda sebelum adanya pesanan, sehingga anda tidak perlu melakukan memindah-mindahkan barang setiap saat.

  • Kemudahan pengelolaan Sumber Daya Manusia


Saat menjalankan pemasaran secara online, anda tidak perlu menggunakan banyak karyawan karena sistem yang digunakan berbeda. Karyawan anda hanya melakukan administrasi penjualan hingga menyiapkan proses pengiriman barang, dan melayani saat ada pelanggan yang mengalami kesulitan dalam pemesanan barang.
Afiliasi

Kegiatan pemasaran Internet yang efektif meliputi banyak strategi dari optimisasi mesin pencari, jejaring sosial, dan iklan berbayar per klik. Dengan beragamnya strategi tersebut maka pembelajaran yang berkelanjutan untuk hal ini sangat penting. Pemasaran online muncul sebagai salah satu cara yang paling menguntungkan dan juga kreatif bagi pelaku bisnis baik usaha kecil menengah hingga usaha skala besar untuk mempromosikan produk dan layanan mereka ke khalayak ramai. Adanya internet marketing telah menjadi sebuah metode yang paling efisien dalam layanan penjualan produk maupun jasa. Berikut ini beberapa kelebihan dalam pemasaran online:

  • Tanpa batas waktu


Melakukan pemasaran online sangat menguntungkan jika anda memiliki produk yang pantas untuk dijual serta bisa dikirim melalui jasa pengiriman. Anda tidak perlu khawatir untuk menentukan waktunya karena selama 24 jam dalam sehari dan 7 hari dalam seminggu pasar online ini akan terus buka. Ketika anda melakukan promosi dan memasang iklan maka pasti akan terus terlihat setiap saat.

  • Tanpa batas tempat


Anda bisa menjalankan pemasaran online dimanapun, yang terpenting adalah jika ada koneksi internet, perangkat komputer dan smartphone. Anda tidak perlu lagi bertatap muka dengan pelanggan secara langsung, korespondensi hanya melalui email dan internet anda bisa melakukan semua kegiatan pemasaran dan transaksi penjualan dengan mudah.

  • Efisiensi biaya operasional


Beriklan di situs online dan melalui penyedia iklan online lebih murah jika dibandingkan dengan menggunakan iklan secara offline. Hal ini jelas terlihat dari biaya yang kita butuhkan dan perlengkapan pendukung yang bisa terjangkau dan relatif murah.

  • Kemudahan dalam strategi pemasaran produk


Apabila anda memiliki produk dengan segmentasi pasar tertentu pada pemasaran online jelas sangat memudahkan anda membidik target market. Misalnya anda memiliki produk elektronik, maka manfaatkanlah forum elektronik, group di media sosial seperti facebook, atau membuka sebuah toko online untuk memasarkan produk anda.

  • Memberikan keuntungan yang tidak terbatas


Keuntungan dari bisnis online bisa dikatakan tak terbatas karena jumlah konsumen yang tidak terbatas pula. Jika anda menggunakan pemasaran online besar kemungkinan untuk melebarkan sayap seluas mungkin dengan meraih keuntungan yang semaksimal mungkin.

  • Kemudahan Pengawasan


Untuk mengontrol dan melakukan pengawasan seluruh transaksi toko online, Anda bisa melakukannya kapan pun dan dimanapun. Hal ini memberikan kemudahan dan manfaat bagi penjual dan pembeli, serta pengusaha barang atau jasa. Kemudahan manajemen ini hanya ada di pemasaran online saja.

  • Produktifitas meningkat


Peningkatan produktifitas jelas terlihat karena jam operasional pemasaran online tidak terbatas. Anda bisa memaksimalkan keuntungan dan produktifitas karena semakin meningkatnya para pengguna internet, dimana saat ini semua transaksi bisa dilakukan via smartphone.

  • Memudahkan melakukan Riset Pemasaran


Teknologi webiste saat ini berkembang pesat, anda bisa melacak pengunjung website dari mana mengakses toko online anda. Hal ini akan membantu anda untuk melakukan analisa pasar dan bahkan memberikan promo pada saat-saat tertentu. Selain itu ada juga pembicara dari PT Nusantara Compnet Integrator yang menceritakan perjalanan perusahaanya yang berdiri sejak 17 tahun yang lalu tepatnya pada tahun 1997.

Kami juga bangga dengan tradisi kita baik-baik saja membesarkan dan menjaga tim teknik yang sangat baik. Kami adalah yang pertama perusahaan Indonesia yang pernah yang dicapai judul Gold Partner dari Cisco Systems dan Compnet saat ini di antara mitra Cisco 6 terbesar nasional.
Sebelumnya fokus sebagai Jaringan Integrator (mengintegrasikan infrastruktur jaringan), sejak tujuh tahun terakhir Compnet telah menambahkan pengembangan perangkat lunak dan jasa solusi untuk melengkapi line-of-layanan untuk menjadi Sistem penuh matang Integrator. Compnet sekarang menjadi perusahaan jasa yang membantu pelanggan dalam mengintegrasikan sistem TI yang lengkap untuk lembaga atau perusahaan mereka.
Sejalan dengan reposisi, pernyataan perusahaan kami telah berkembang menjadi “Bermanfaat dan Terpercaya” dari apa yang sebelumnya “Partner Kompeten dalam Jaringan”.
berikut kurang lebih materi maupun wawasan yang ia sampaikan pada seminar “Rise Your Technopreneur Dream’s”



Pembicara :

  1. Tommy Herdiansyah (Co-Founder of Code Margonda)
  2. Jonathan Christian Susanto (ASEAN Preneurs Indonesia, Founder @InspiratorFreak, Mentor Young on Top Campus Ambassador, FRIENDS Campus Ambassador of Merry Riana)
  3. Pinta Ginting (PT Nusantara Compnet Integrator)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar